Kamis, 09 Desember 2010

Membuat Anyaman dari Foto dengan Photoshop tentunya..

Desain grafis atau graphic design macem-macem aja, masa bikin anyaman dari foto?? emang bisa?

tentu saja bisa .. kan ada photoshop? mau?

Kadung janji ama orang-orang di facebook mau posting malem ini.. jadi.. Sebagai lelaki sejati tentunya kalo janji harus ditepatin .. hayah.. hehehe.. Setelah mandi, buka puasa , Sholat Taraweh dan sambil makan eMpek-Empek.. baru deh bisa posting dengan santai dan damai.. :p

Yuk ah mulai..

Buka foto yang mau dibikin anyaman.. Saran saya , cari foto yang sedikit background putihnya. Soalnya nanti bakal timbul garis yang bikin efek ini gak sempurna.

Sebagai contoh saya pake foto Nadia lagi, yang ada background putihnya.. supaya pada tau yang saya maksud. :D

anyaman1

Untuk memudahkan pembuatan anyaman, saya gunakan GRID : ini fungsinya sebagai garis bantu aja.

Cara menampilkan grid, Klik view > Show > Grid (CS3) .

anyaman2

untuk setting grid nya sendiri Klik Edit > preferences > General

anyaman3

saya pilih 3 cm karena gambar nya kecil. kalo besar laen lagi ukurannya .. jadi itu tergantung besar Photograph nya. Terus gunakan warna yang kira-kira nyaman aja..

hasilnya :

anyaman4

Duplikat layer background sebanyak 2 kali , jadi Tekan CTRL + J sebanyak 2 kali. Ubah nama nya menjadi Horizontal dan Vertikal.

Layer Background diubah menjadi warna Hitam dengan menekan ALT + Backspace ( syaratnya Foreground color musti Hitam ya )

anyaman5

Buat kotak-kotak horizontal di layer Horizontal… Gunakan Rectangle marquee Tool.

Jangan lupa tekan tombol SHIFT untuk membuat kotak lain ke bawah nya.

Fungsi Grid sekarang baru kerasa.. hehehe.. jadi buat kotak memanjang ukuran 2 kotak grid lalu buat kotak lain dibawahnya dengan melewati 1 kotak grid.. begitu seterusnya.

anyaman6

Klik add vektor mask di layer Horizontal.

anyaman7

Sekarang ke Layer Vertikal.

Buat kotak-kotak seperti layer horizontal, bedanya kotak-kotak yang dibentuk sekarang arah vertikal.. setelah terbentuk Klik add layer mask di layer vertikal.

anyaman8

Sekarang hilangkan Grid nya.. karena mengganggu banget hehehe.. Klik View > Show > grid (lagi) nanti contreng nya Ilang.

anyaman9

CTRL+Klik layer mask Horizontal lalu CTRL+ALT+SHIFT + klik layer mask Vertical

hasilnya akan ada seleksi - an banyak kotak…

anyaman10

Hapus sebagian kotak seperti pada gambar di bawah.

anyaman11

Gunakan Rectangle marquee tool. Seleksi kotak yang mau dihapus satu persatu sambil tekan Tombol ALT.

Tekan CTRL + J untuk mengcopy kotak-kotak hasil seleksi tadi.

anyaman12

sekarang kita buat seleksian kotak-kotak yang sebaliknya..

Tekan CTRL + klik layer mask horizontal dan CTRL+ALT+SHIFT + klik layer mask Vertical

nanti kebentuk lagi seleksian kotak-kotak seperti sebelumnya

anyaman13

hapus kotak-kotak kebalikan dari yang pertama.. Caranya sama aja kok dengan yang tadi, gunakan rectangle marquee tool..

anyaman14

kalo udah diapus sebagian kotaknya Tekan CTRL + J ( posisi cursor di layer Vertical )..

anyaman15

Pilih layer baru tadi. tekan CTRL + ALT + G untuk Clipping mask . sama juga untuk layer1.

anyaman16

Untuk Photoshop CS ke bawah : Tekan ALT lalu arahkan cursor garis separator antara layer 1 dan layer Horizontal.

nanti muncul tanda 2 Lingkaran kecil seperti ini :

clipping mask

Klik kanan layer 1 > Blending Options, Setting seperti dibawah

anyaman17

Beri Settingan yang sama untuk layer 2.

hasilnya :

anyaman18

Selamat Mencoba!

Wassalamualaikum

sumber

http://ilmuphotoshop.com/2009/08/24/membuat-anyaman-dari-foto-dengan-photoshop-tentunya/