Selasa, 19 Februari 2013

Manfaat Bawang Putih dan Kandungan terpentingnya


Manfaat Bawang Putih mungkin bagi sebagian orang, hanya sebatas manfaat sebagai bumbu masakan, namun jika Anda tau bawang putih dibalik aroma yang menyengat mempunyai banyak khasiat. Nah... jika kita kepingin manfaat yang lebih dari bawang putih, mulai saat ini masukkan selalu bawang putih dalam daftar belanja kita. Selalu sajikan masakan yang menggunakan bumbu berbahan dasar bawang putih.
Melalui beberapa penelitian ilmiah, ternyata bawang putih dinyatakan sebagai salah satu obat alamiah yang luar biasa. Karena Bawang Putih mengandung lebih dari 100 bahan kimia biologis yang berguna dan memiliki berbagai sifat antibakteri, antivirus, antijamur, dan antioksidan. Penasaran kan? makanya simak terus artikel dibawah ini yang dikutip dari okezone.
Kandungan Zat terpenting pada Bawang Putih
  • Minyak Atsiri : Bermanfaat untuk menjauhkan bakteri dan septik yang berbahaya.
  • Zat Allicin dan aliin : Bermanfaat untuk menangkal masuknya kolesterol dalam darah, sehingga bisa mencegah jantung koroner dan darah tinggi.
  • Zat sulfur : Bisa meringankan penyakit flu.
  • Zat organosulida : Bisa memabntu hati dalam memproses semua senyawa kimia beracun yang masuk. Sehingga zat pemicu kanker akan ternetralisir lebih dulu di hati sebelum menyebar ke seluruh tubuh.
  • Zat lain yang sangat bagus untuk ibu hamil karena dipercaya bisa meningkatkan pertumuhan berat badan bayi.
Manfaat Bawang Putih
  • Detoksifikasi dengan jus bawang putih. Dengan membuat jus bawang putih kita akan mendapatkan manfaat lebih karena bisa mengeluarkan racun dari tubuh melalui pori-pori kulit.
  • Menjaga kesehatan jantung. Kandungan Sulfida dalam bawang putih bisa menurunkan kadar kolesterol LDL sehingga mencegah penyakit kardiovaskuler seperti serangan jantung atau penyumbatan.
  • Memberi manfaat bagi penderita diabetes. Konsumsi beberapa siung bawang putih dalam menu makan harian. Bawang putih bisa meningkatkan tingkat insulin dalam aliran darah.
  • Mengandung Allicin, si pelindung dari infeksi. Kandungan Allicin dalam bawang putih berupa senyawa anti-jamur yang melindungi tubuh dari infeksi dan meningkatkan antibodi.
  • Menjaga kesehatan telinga. Teteskan 2 hingga 3 tetes minyak bawang putih hangat hasil ekstrak. Antioksidan dalam bawang putih membunuh bakteri dan mengeluarkan kotoran di dalamnya. 
  • Meningkatkan sirkulasi darah. Bawang putih bisa bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari tubuh, sehingga sirkulasi darah menjadi lancar, kulit pun dapat tampak lebih sehat.
  • Meningkatkan pencernaan.  Potong kecil-kecil satu siung bawang putih, telan langsung dengan sedikit air seperti ketika menelan pil atau kapsul. Ini  akan membantu menghindarkan dari sembelit, terlebih setelah memakan daging atau makanan berlemak.
  • Untuk melawan dingin dan mengencerkan lendir. Cincang kasar 1 siung bawang putih dan menumisnya dengan sedikit minyak atau mentega. Bisa memasukkannya ke dalam semangkuk sup. Sehingga hal ini bisa membantu menghangatkan tubuh dan mengencerkan lendir di saluran pernafasan karena flu.
  • Membantu penyembuhan patah tulang. Caranya : Oleskan minyak bawang putih dengan tangan sambil diusap-usap dan pijat lembut di atas bagian tulang yang retak.
  • Bantu singkirkan jerawat. Caranya :  Tumbuklah 1-2 bawang putih dan olesi ke atas bagian yang berjerawat. Diamkan kurang lebih 10 menit atau lebih baik dilakukan saat malam hari. Jika jerawat tak terlalu parah, pada pagi hari jerawat tersebut sudah kempes dan mengecil.
Jika kita mau cerdas, tidak ada sesuatu yang sulit untuk menyembuhkan penyakit. Salah satunya dengan memanfaatkan bawang putih. Berbagai penyakit dapat diatasi dengan bawang putih. Banyak hal yang dapat kita ambil dari manfaat bawang putih . Baca dan kaji terus, perkaya wawasan kita dengan menyimak Manfaat Mengkudu sebagai Penghilang Stres. Semoga bisa menjadikan wawasan semakin luas dan berguna bagi yang membutuhkan. Selamat mencoba.

Sumber:  seputarwanitasehat.com